Minimnya sentimen baik berita maupun rumor yang memicu pergerakannya, saham BUMI diprediksikan melaju fluktuatif dalam rentang Rp1.830-Rp2.000. Trading buy!

Pengamat pasar modal, Aji Martono mengatakan, fluktuatifnya saham PT Bumi Resources hari ini akibat tidak adanya faktor yang mempengaruhi pergerakannya. Sebab, isu-isu yang berkembang pun tidak begitu menarik. Karena itu, pergerakan saham BUMI hari ini semata tergantung pada faktor pergerakan market.

Kalaupun turun, tetap banyak pemodal yang mengakumulasi saham ini. Karena, penurunan BUMI manandakan, pemodal bisa membeli saham ini dengan harga murah. “Karena itu, pasar harus melihat posisinya,” katanya.

Pada perdagangan kemarin, saham BUMI ditutup menguat Rp10 (0,53%) jadi Rp1.880 dibandingkan kemarin di level Rp1.870. Harga tertingginya mencapai Rp1.820 dan terendahnya Rp1.820. Volume transaksi mencapai 109,1 juta unit saham senilai Rp203,7 miliar dan frekuensi 2.056 kali.

Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah kemarin menguat Rp10, bagaimana Anda memperkirakan pergerakan saham BUMI hari ini?

Masih fluktuatif. Tapi, ini semata faktor teknikal. Pada perdagangan kemarin, saham ini, sempat menyentuh melewati level support-nya di level Rp1.830. Tapi, pada akhirnya menguat kembali ke level Rp1.880 atau menguat dua poin.

Akan bergerak di kisaran berapa?

BUMI sempat mencapai level terendahnya kemarin di angka Rp1.820. Tapi, level tersebut hanya tersentuh sebentar dan membentuk support kuatnya di angka Rp1.830. Support inilah untuk jangka pendek yang jadi dasar posisi trading dan Rp2.000 sebagai level resistance-nya.

Pada level support dan resistance tersebut, akan terjadi akumulasi atas BUMI. Sebab, resistance psikologis saham batubara thermal berada di angka Rp2.000. Range inilah yang dijadikan acuan akumulasi bagi investor.

Bagaimana dengan sentimen market?

Market berpeluang positif. Sebab, Dow Jones Future, dan bursa saham Eropa secara keseluruhan sudah mendahului positif. Karena itu, bargaining position akan terjadi di saham-saham bluechips.

Tapi, saham BUMI sendiri akan bergerak fluktuatif. Karena, tidak ada faktor yang mempengaruhi pergerakannya. Sebab, isu-isu yang berkembang pun tidak begitu menarik. Karena itu, pergerakan saham BUMI hari ini semata tergantung pada faktor pergerakan market.

Kalaupun turun, tetap banyak pemodal yang mengakumulasi saham ini. Karena, penurunan BUMI manandakan, pemodal bisa membeli saham ini dengan harga murah. Karena itu, pasar harus melihat posisinya.

Dari sisi aksi korporasi?

Dari korporasi, tidak ada yang bisa menggerakkan BUMI. Sebab, pembagian dividen BUMI pun nilainya sangat kecil, hanya Rp27 per saham. Pembagian dividen tidak selalu menandakan sebuah perusahaan sehat. Sebab, ada juga perusahan sehat tapi tidak memberikan dividen. Jika dividen tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaannya yang justru bisa jadi sentimen positif bagi emiten itu.

Tapi, ada juga perusahaan yang membagikan dividen, dengan kondisi cashflow terseok-seok. Itu negatif karena hanya ingin memperbaiki penampilan saja. Tapi, BUMI tidak masuk dalam katagori ini. BUMI membagikan dividen karena dari sisi industri batubara mengalami keuntungan. BUMI memang layak membagikan dividen.

Lantas, apa rekomendasi Anda untuk BUMI?

Untuk jangka menengah-panjang, saya sarankan akumulasi beli. Untuk jangka pendek, trading buy dengan kisaran support dan resistance tersebut. |waspada.co.id|