159Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia (APPMI) adalah wadah atau organisasi profesi yang dimiliki oleh para pelaku pasar modal terutama mereka yang bekerja dilingkungan pasar modal dan memiliki ijin perseorangan sebagai wakil perantara pedagang efek atau sebagai wakil penjamin emisi efek (WPPE dan WPEE). Ijin perseorangan ini dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Para pemilik ijin tersebut secara perorangan banyak yang bekerja diberbagai perusahaan sekuritas dan/atau perusahaan pengelola aset atau aset management, nah APPMI lah sebagai wadah untuk menghimpun para profesional pasar modal ini dalam satu organisasi profesi.

Salah satu ciri penting suatu pekerjaan profesional, bahwa pekerjaan itu harus memiliki organisasi/asosiasi profesi yang melindungi para anggotanya. Organisasi itulah yang nantinya, memberikan makna atau nilai tambah, atas pekerjaan yang dilakukan itu.

Secara definisi, profesi dimaknai sebagai pekerjaan yang dilakukan untuk mendapatkan nafkah hidup dengan mengandalkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan tinggi, dan dengan melibatkan komitmen pribadi(moral) yang mendalam.Seluruh komponen itu harus masuk dan saling terkait, agar mendukung profesionalisme seseorang. Ia harus memiliki pengetahuan secara konseptual, melalui kegiatan belajar, pengalaman, atau autodidak. Ia pun harus memiliki ketrampilan agar bisa menjalankan hal-hal yang sifatnya sangat praktis dalam pelaksanaan profesi itu. Dan yang paling penting dari semua itu adalah,komitmen pada Etika atau Moral, agar pekerjaan yang dilakukan itu tidak merugikan kepentingan umum, bahkan lingkungan hidup.

Kalau kita cermati pada saat ini terlihat, diberbagai bidang profesi banyak membentuk organisasi, atau asosiasi profesi. Demikian juga insan-insan profesional pasar modal, para pemilik ijin perseorangan dibidang pasar modal ini sejak 7 (tujuh) tahun lalu duduk bareng untuk berkumpul, berserikat mengeluarkan pendapatnya untuk membentuk satu organisasi tunggal yang akhirnya diberi nama Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia (APPMI). Apa relevansi organisasi profesi ini? Atau apa pentingnya bagi seorang profesional? Ini mungkin menjadi pertanyaan yang kerap muncul dalam benak kita. Sejalan dengan perubahan dan kemajuan dalam masyarakat,interaksi antara manusia (baca profesional) tidak mungkin lagi terhindarkan. Tidak adalagi orang yang bisa berhasil hanya dengan mengandalkan kemampuan dan kehebatan dirinya sendiri. Ia membutuhkan orang lain, berkomunikasi dengan pihak lain guna mendapatkan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi dalam pekerjaan. Ia pun membutuhkan orang lain agar bisa mendapatkan pengetahuan, informasi yang terkait dengan pekerjaan yang dilakukannya. Karena itu, bergabung dengan sebuah organisasi profesi, tentu menjadi sebuah pilihan yang paling bijak.

Organisasi profesi memiliki berbagai ciri-ciri seperti, menjadi wadah bagi para anggota yang berasal dari profesi yang sama; Organisasi profesi pun merumuskan Kode Etik profesi (code of professional ethics), merumuskan kompetensi profesi serta memperjuangkan tegaknya kebebasan profesi bagi para anggota.

Keberadaan organisasi profesi tentu tidak bisa diukur, hanya dengan semata-mata, dari nilai ekonomi (keuntungan). Masih banya manfaat lain yang mungkin jauh lebih strategis dari aspek ekonomi. Suatu organisasi profesi dapat mengembangkan dan memajukan profesi; memantau dan memperluas bidang gerak profesi, menghimpun dan memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk berkarya dan berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan profesi. Dalam era yang makin cepat serta perkembangan globalisasi, para profesional pun harus mampu menjalin interaksi dengan para professional lain dari berbagai industri terutama industri jasa keuangan serta berbagai negara. Semoga melalui organisasi profesi, interaksi tersebut bisa terwujud, dan kemanfaatan bagi para anggotanya bisa membantu perkembangan industri yang digelutinya dengan tetap menjaga kode etik dan norma organisasi yang telah disepakati.

Selamat menjadi anggota Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia (APPMI), dimana dalam menyambut ulang tahun pasar modal dan ulang tahun APPMI diadakan discount dana pendaftaran bagi mereka yang belum menjadi anggota APPMI untuk segera mendaftarkan diri dan menggunakan kesempatan ini, waktunya terbatas dalam rangkan HUT saja, dan selamat menjalankan amanah kerja ikhlas, kerja cerdas dan profesional bagi para pengurus yang baru saja menyelesaikan Rapat Kerja Tahunan Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia (APPMI) di Hotel Amaroossa Bogor tanggal 5 – 6 Agustus 2017, semoga hasil-hasil yang telah dirumuskan dan disepakati bersama dapat membawa manfaat bagi kita semua pelaku industri Pasar Modal khususnya dan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia pada Umumnya.

Tak lupa penulis juga mengucapkan “SELAMAT ULANG TAHUN APPMI Tanggal 9 Agustus dan SELAMAT ULANG TAHUN Pasar Modal Indonesia”.

 

NS. Aji Martono

Ketua II APPMI