Ekonomi IndonesiaBATAM – Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 akan mencapai 6,7%  dimana pada tahun ini angkanya telah berada pada level 6,2 persen.

“Pada tahun ini dengan angka 6,2%   Indonesia merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi nomor dua tertinggi di dunia setelah China yang mencapai 10%, kata Kepala Divisi Mediasi Internal Grup Humas BI Harimurti Gunawan di Batam, Jumat (7/12/2012).

Ia menyampaikan hal itu saat tampil sebagai pembicara pada pelatihan wartawan ekonomi bisnis Sumbar dan Kepulauan Riau yang terselenggara atas kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Padang dan Batam.

Menurut Harimurti, berdasarkan laporan majalah The Economist, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang paling stabil di dunia dalam 20 triwulan terakhir.

Tingginya pertumbuhan ekonomi tersebut juga didorong oleh semakin berkembangnya sentra ekonomi baru di luar Pulau Jawa, kata dia.

Ia memperkirakan 2013 bukan tahun yang mudah karena merupakan masa transisi atas krisis yang baru saja melanda Eropa dan Amerika Serikat.

Namun secara domestik Indonesia memiliki peluang dengan bertambahnya jumlah kelas menengah yang merupakan kekuatan ekonomi cukup besar dengan tingkat konsumsi rumah tangga pada level 5,4%.

Kemudian, diperkirakan nilai ekspor akan tumbuh menjadi pada 5,4-5,8 persen serta angka inflasi mencapai 4,5%.

Pada bagian lain ia menyebutkan Bank Indonesia telah menyiapkan tiga koridor kebijakan terhadap bank konvensional dan syariah menghadapi 2013. Tiga koridor tersebut yaitu pemeliharaan stabilitas sistem keuangan, penguatan ketahanan dan daya saing bank serta fungsi intermediasi perbankan. |Ant|