Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, saat ini Anggota Bursa (AB) yang terdaftar berjumlah 108 AB. Di mana 105 AB terdaftar sebagai anggota aktif dan sisanya telah disuspend oleh BEI.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Alpino Kianjaya mengatakan, rata-rata AB yang bermodal besar telah menguasai transaksi perdagangan pasar modal. Mereka, kata Alpino, memiliki Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) di atas Rp 250 miliar.

“Berarti sangat jelas 31 AB dengan MKBD di atas Rp 250 miliar kontribusinya 73,73% dari market share secara keseluruhan di bursa,” kata Alpino saat ditemui di Kantor BEI, Kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (25/9).

Sementara, Alpino menjelaskan, untuk AB yang memiliki MKBD sekitar Rp 100-250 miliar sebanyak 19 AB di mana mereka menguasai 12,77%. Sedangkan, untuk 22 AB dengan MKBD Rp 50-100 miliar market share-nya sekitar 8,23%.

Selain itu, Alpino juga merinci, 33 AB yang memiliki MKBD paling kecil yaitu sekitar Rp 25-50 miliar artinya hanya menguasai pangsa pasar 5,26% saja.

Alpino juga mengimbau agar para AB bisa meningkatkan modal bisnisnya. Lantaran, kata Alpino, modal menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan pangsa pasar.

“Jadi mau tidak mau dia harus naikin modal. Bukan hanya itu, mereka harus punya resources, inovatif di mana untuk memberikan pelayanan kepada investor atau calon investor jadi bagaimana mereka tingkatkan layanannya. Atau mereka harus bisa menarik basis investor baru,” imbuhnya.



Source link