[ad_1]

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara (Foto: MTVN)

JAKARTA–Bank Indonesia (BI) memperdiksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2016 akan lebih baik dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan ekonomi di beberapa kuartal sebelumnya di tahun ini. Hal itu nantinya dipengaruhi oleh adanya aturan pengampunan pajak atau tax amnesty yang telah diterapkan pemerintah.

“Kuartal III-2016 ini optimisme dari pengampunan pajak mudah-mudahan bisa mendorong aktivitas ekonomi. Kita melihat perlambatan ekonomi di kuartal I dan II, sebagian itu kemungkinan memang karena orang menunggu pengampunan pajak,” kata Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, di Jakarta Pusat, Jumat (15/7/2016).

Sementara untuk kuartal II-2016, bank sentral memprediksi pertumbuhan ekonomi tidak akan jauh berbeda dengan kuartal I-2016. Adapun ptiga bulan awal tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 4,9 persen.
Mirza juga melihat kebijakan pengampunan pajak akan memengaruhi permintaan kredit perbankan. Sebab pengusaha masih menunggu apakah akan melakukan ekspansi dengan menggunakan dana sendiri, atau menggunakan kredit bank.

Menurutnya, adanya hal demikian akan membuat ekonomi Indonesia bergerak lebih baik lagi. Hal ini yang nantinya akan memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal-kuartal berikutnya.

“Mudah-mudahan dengan sekarang pengampunan pajak sudah disetujui dan optimisme ini juga bisa ada kepastian bagi para pengusaha untuk melakukan ekspansi karena biasanya ekspansi di kuartal II-2016 tertunda gara-gara pengampunan pajak. Itu kemudian dilakukan di kuartal III-2016,” ujarnya.

[ad_2]

Source link