CIREBON – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon menerangkan diresmikannya galeri investasi oleh MNC Sekuritas di Kampus IAIN Syekh Nurjati, Kota Cirebon, Jawa Barat, diharapkan bisa meningkatkan literasi dan edukasi pasar modal syariah di Cirebon dan sekitarnya.

Kasubag Pasar Modal Kantor OJK Cirebon, Erwan Susanto menuturkan, berdasarkan hasil survei literasi keuangan 2016, indeks literasi terhadap pasar modal syariah hanya mencapai 0,02%, artinya setiap 10.000 orang Indonesia hanya dua orang yang mengenal pasar modal syariah. Sementara, tingkat inklusi terhadap pasar modal syariah tercatat sebesar 0,01%, artinya setiap 10.000 orang Indonesia hanya satu orang yang pada akhirnya menjadi nasabah produk pasar modal syariah.

“Dibandingkan jumlah penduduk yang semakin meningkat, inflasi yang rendah di Cirebon, potensi dan ekonominya yang meningkat seharusnya pasar modal syariah lebih meningkat lagi,” tuturnya, Rabu (1/11/2017).

Baca Juga:

Mantap! MNC Sekuritas Resmikan Galeri Investasi Syariah ke-60 di Cirebon

Ajak Anak Muda Melek Saham, MNC Sekuritas Gencar Pasarkan ‘Gemesin’

Dengan diresmikannya galeri investasi syariah ini, kata Erwan, OJK sangat mendukung dan galeri investasi syariah ini bisa dimanfaatkan untuk literasi dan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat, karena literasi pasar modal syariah di Cirebon masih sangat kurang.

Menurutnya, galeri investasi syariah sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di Cirebon dan di wilayah Ciayumajakuning untuk mengenalkan pasar modal dan saham. Di mana pertumbuhan saham meningkat sangat baik, ke depannya OJK akan selalu bekerjasama dengan galeri investasi syariah, MNC dan bursa disamping itu juga untuk memberikan edukasi waspada investasi bodong.

Seperti diketahui banyaknya permasalahan investasi bodong dan ilegal, sementara keinginan masyarakat untuk berinvestasi sangat tinggi, di Cirebon sudah sekira 1.200 orang yang ikut berinvestasi, sedangkan untuk pasar modal syariah masih 35% sisanya konvensional.

(dni)



Source link