BANDA ACEH — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Ibnu Sa’dan menyatakan, akan melakukan pemerataan guru di seluruh kabupaten/ kota pada tahun 2014.

“Kami akan melakukan pemerataan guru dengan menarik guru-guru yang menumpuk di sebuah sekolah ke sekolah lainnya di setiap kabupaten/ kota,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh di Banda Aceh, Jumat (3/1).

Dijelaskannya, pemerataan guru tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Kementerian Agama provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Menurut dia, masih banyak penumpukan guru di setiap madrasah di lingkungan Kemenag Aceh pascapengangkatan tenaga honorer pada tahun 2005.

Oleh sebab itu, langkah pemerataan guru di seluruh sekolah yang berada di lingkungan Kemenag Aceh dan kabupaten/ kota merupakan salah satu langkah yang harus segera dilaksanakan pada tahun 2014.

Pihaknya optimistis dengan pemerataan guru disetiap madrasah sesuai tingkatan akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan tenaga pengajar di setiap lembaga pendidikan di bawah Kemenag Aceh.

Ia menambahkan, Kanwil Kemenag Aceh juga terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan terus memberikan berbagai pelatihan kepada seluruh tenaga pendidik.

“Melalui Badan Diklat yang telah ada di Aceh, kami akan terus meningkatkan kemampuan guru-guru di lingkungan Kemenag Aceh,” demikian kata Ibnu Sa’dan.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara