Bisnis.com, TOKYO – Harga karet melonjak ke level tertinggi dalam setahun terakhir setelah rencana China untuk meningkatkan investasi di infrastruktur. Aksi China itu dinilai dapat meningkatkan permintaan karet. 

Pada perdagangan hari ini sampai pukul 14:42 WIB, harga karet di Tokyo Commodity (TOCOM) naik 1,34% menjadi 234,9 yen per kg. 

Takaki Shigemoto, analis JSC Corp., mengatakan para spekulan di China sangat aktif bertransaksi karet di Tokyo dan Shanghai karena optimis permintaan karet akan meningkat. 

Pemerintah China terus melakukan langkah-langkah untuk segera memulihkan ekonomi dengan cara meningkatkan investasi. Aksi itu diprediksi bisa mencerahkan permintaan karet,” ujarnya seperti dilansir Bloomberg pada Kamis (28/5/2015). 

Pasokan karet di Tokyo mengalami penurunan terbesar sejak September 2013 menjadi 128.016 ton. Pasokan mengalami penurunan karena Thailand menghentikan pengiriman karet ke ibukota Negeri Samurai tersebut.

This entry passed through the Full-Text RSS service – if this is your content and you’re reading it on someone else’s site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Bisnis.com