INILAHCOM, London – Arsenal mendapat tantangan dari Aston Villa dalam usaha mereka mempertahankan gelar juara Piala FA. Secara statistik, Meriam London diunggulkan akan tetapi Aston Villa tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam laga yang akan dihelat di Stadion legendaris, Wembley, di kota London, Sabtu (30/5/2015) malam WIB, Arsenal punya memori indah di musim lalu saat meraih gelar Piala FA ke-11 mereka.

Dan akhir musim ini, skuad besutan Arsene Wenger kembali lagi ke Wembley mengusung satu misi, mempertahankan gelar. Menghadapi Aston Villa yang berada di posisi ke-17 tabel klasemen akhir, Arsenal tentu lebih diunggulkan.

Akan tetapi, Olivier Giroud dan kawan-kawan tak boleh merasa jumawa. Keberhasilan skuad asuhan Tim Sherwood itu mencapai final menegaskan bahwa The Villans bukan lawan sembarangan.

Berikut ini kami sajikan data dan fakta jelang laga final Piala FA antara Arsenal versus Aston Villa seperti yang kami kutip dari BBC Sports.

Data dan Fakta Pertandingan:

1. Arsenal dan Aston Villa telah 10 kali bertemu di Piala FA, Arsenal menang tujuh kali sedangkan Aston Villa tiga kali.

2. Ini adalah kali pertama kedua tim bertemu di babak final.

3. Pertemuan terakhir kedua tim di Piala FA terjadi di putaran keempat tahun 2012. Saat itu, Arsenal yang tertinggal dua gol mampu membalikkan keunggulan jadi 3-2 di Emirates Stadium.

4. Kemenangan terakhir Aston Villa dari Arsenal di Piala FA terjadi di babak keempat tahun 1974, Arsenal menang 2-0 di Villa Park setelah bermain imbang 1-1 di Highbury.

5. Aston Villa hanya menang sekali dari sembilan pertandingan di semua kompetisi. Kemenangan satu-satunya mereka sejak Mei 2011 di dapat di Emirates Stadium bulan Agutus 2013 saat itu mereka menang 3-1.

6. Arsenal adalah juara bertahan Piala FA. Bulan Mei tahun lalu mereka mengalahkan Hull City dengan skor 3-2. Kini mereka sejajar dengan Manchester United sebagai tim dengan gelar Piala FA terbanyak (11 kali).

7. Arsenal berhasil masuk final dalam dua musim berturut-turut (2013-14 dan 2014-15), setelah sebelumnya selalu gagal mencapai final dalam delapan musim berturut-turut. Ini adalah final ke-19 mereka, terbanyak diantara klub lainnya.

8. Hanya ada tiga klub yang berhasil menjuarai Piala FA lebih banyak daripada Aston Villa, yang sudah memenangkan tujuh gelar Piala FA. Tujuh gelar Piala FA Aston Villa hadir dalam rentang antara 1887 dan 1957.

9. Ini adalah final Piala FA pertama Aston Villa sejak tahun 2000, saat mereka kalah 1-0 dari Chelsea di Wembley.

Inilah.com – Headline