INILAHCOM, Fountain Valley – Hyundai menjadi pabrikan mobil pertama yang menawarkan sistem Android Auto dalam model Sonata-nya.

Bagi pengguna mobil Sonata keluaran 2015 dapat menikmati sistem operasi besutan Google tersebut dengan mengunduh OS Android Auto dari tautan internet yang tersedia dan  harus memiliki ponsel yang kompatibel dengan aplikasi Android Auto.

Google sendiri telah sejak tahun lalu menggembor-gemborkan soal implementasi Android di mobil. Raksasa internet ini mengumumkannya di ajang Google I/O tahun 2014 lalu dengan sebutan Android Auto.

Android Auto juga akan tampil di bagian dashboard pengemudi. Jadi lewat layar  dashboard  itu pengguna bisa menggunakannya untuk melihat peta navigasi Google Maps, atau melakukan panggilan telepon menggunakan perintah suara.

“Kami meluncurkan fitur yang sangat dinanti ini pada mobil terlaris kami, Sonata, menepati janji kami. Dengan peluncuran Android Auto, kami menawarkan konsumen dengan pengalaman teknologi paling mutakhir,” ujar Dave Zuchowski, CEO Hyundai Motor Amerika, dalam situs resminya.

Menepis anggapan penggunaan Android Auto di mobil bisa menyebabkan kecelakaan, Google juga telah membekali Android Auto dengan semacam fitur keselamatan.

Ketika  smartphone  terhubung dengan platform Android Auto, layar  smartphone  tersebut akan mati. Hal ini dilakukan agar pengemudi tak terpecah konsentrasinya untuk melihat layar ponsel.

Jadi pandangan pengemudi akan sepenuhnya fokus ke jalan dan  dashboard.  Melalui  dashboard  pengemudi bisa memilih berbagai fungsi  smartphone  menggunakan perintah suara atau langsung menyentuh layarnya. [ikh]

Inilah.com – Headline