INILAHCOM, Jakarta – Pengumuman hasil fit and proper test Direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) semakin dekat. Pekan depan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengumumkan hasil uji kelayakan calon Direksi BEI itu.

Kini tinggal tiga paket yang akan bersaing menuju kukrsi direksi BEI. Ketiganya yakni Paket Abiprayadi Riyanto (Wijaya Subekti, Trisnadi Yulrisman, Supandi, Patricius Sendjojo, Susanty Wijaya, dan Hosea Nicky Hogan), Paket Samsul Hidayat (Sulistyo Budi, I.G Nyoman Yetna, Chaerudin Berlian, Yonaes Liauw, Hamdi Hassyarbaini dan Ratih D. Item) dan ketiga Paket Tito Sulistio (Alpino Kianjaya, L.I.D Da Lopez, Andrew Haswin, M. Mukhlis, Khrisna Suparto dan Kanya Lakshmi).

Sebelumnya ada 5 paket calon direksi BEI yang maju ke kontestasi ini yakni ada Paket Reynaldi Hermansjah dan Ronald T Andi Kasim. Namun, dinamika pemilihan kandidat Direksi BEI ini memaksa mereka mundur dari bursa pencalonan.

Pada 30 April 2015 lalu, Reynaldi yang saat ini mejabat sebagai Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk. menyatakan akan melebur paketnya dengan paket Ronald. Alasannya, merger dilakukan karena persentase suara untuk keduanya rendah. Namun sayangnya, merger kedua paket tersebut tak berjalan mulus. Pada 20 Mei 2015 Ronald mengatakan paketnya tak lolos administrasi. Ia mengaku disurati OJK karena tidak memenuhi syarat dukungan minimal anggota bursa.

Dalam Peraturan III.A.3 salah satunya disebutkan kelompok Anggota Bursa Efek dengan paling sedikit terdiri dari 10 atau lebih Anggota Bursa Efek yang telah melakukan transaksi efek secara bersama-sama paling kurang 10 persen dari total frekuensi dan nilai perdagangan efek di BEI selama 12 bulan terakhir sebelum pengajuan kepada OJK.

OJK melakukanfit and proper test pada semua paket calon direksi. Kemudian, hasilnya akan diumumkan pada 4 Juni 2015. Untuk usulan baru direksi BEI dilakukan pada 11 Juni 2015. Batas pengumuman calon terpilih tanggal 18 Juni 2015. Baru pada 25 Juni 2015 Penetapan Bos baru BEI akan diumumkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Berikut visi misi tiga paket calon Direksi BEI.

Inilah.com – Headline