INILAHCOM, Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TLKM) serius dengan komitmennya untuk mengembangkan bisnis ke kancah internasional dan siap menjadi new global hub yang berperan sebagai perlintasan traffic telekomunikasi (voice, data dan intenet) dunia.

Hal ini dibuktikan Telkom melalui entitas anak usahanya Telekomunikasi Indonesia International USA Inc. (Telkom USA) mengakuisisi AP Teleguam Holding Inc., perusahaan induk GTA Teleguam yang merupakan salah satu operator telekomunikasi di Guam.

Direktur Wholesale & International Service TLKM, Honesti Basyir mengatakan, saat ini proses akusisi telah sampai pada tahap persetujuan Pemerintah setempat.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kami dapat menjadikan GTA Teleguam sebagai bagian dari bisnis internasional Telkom Group. Hal ini semakin memantapkan langkah Telkom Group untuk hadir sebagai new global hub, salah satu pusat lalu lintas telekomunikasi dunia,” ungkap di Jakarta, Senin (1/6/2015).

Ia mengatakan akuisisi GTA ini akan memperkuat bisnis Telkom Group khususnya di bisnis internasional melengkapi keberadaan Telin Singapore, Telin Hong-Kong, Telkom Australia, Telkom Taiwan, Telkom USA, Telin Malaysia, Telkom Macau, Telin Timor-Leste Telkom Saudi Arabia dan kantor cabang di Myanmar. Selain itu, akuisisi ini juga akan memperkuat GTA dari sisi keahlian teknis dan finansial sehingga menguntungkan bagi pelanggan, mitra dan karyawan GTA.

Honesti menambahkan, Guam merupakan market yang sangat menarik dan potensial untuk bisnis internasional Telkom Group dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) per kapita tertinggi diatas rata-rata negara di Asia,  sumber daya manusia yang handal, dan tingkat adopsi masyarakat dalam aspek teknologi telekomunikasi yang tinggi. Selain itu, posisi strategis Guam sebagai landing point sebagian besar kabel laut yang menghubungkan Asia dan Amerika Serikat, sejalan dengan visi Telkom menjadi new global hub.

"Telkom dan GTA Teleguam sebelumnya telah menjalin hubungan baik melalui konsorsium pembangunan kabel laut internasional Souh East Asia – United States (SEA-US) bersama negara anggota lainnya dalam rangka memenuhi permintaan bandwidth yang kian meningkat antara Asia Pacific dan Amerika Utara. Dengan adanya sinergi Telkom da GTA saat ini, akan memperkuat positioning Telkom sebagai hub trafik telekomunikasi dunia di kawasan Asia Pasific," katanya.

Honesti menambahkan, keterlibatan Telkom di konsorsium SEA-US memberikan kesempatan bagi Telkom untuk mengenal GTA lebih baik. GTA merupakan perusahaan telekomunikasi yang memiliki pangsa pasar yang besar dan pertumbuhan yang tinggi, brand yang kuat dan quality & technology leader di mobile, landline dan internet business.

Dalam kesempatan yang terpisah, CEO GTA Teleguam Robert Haulbrook mengatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. ”GTA telah mampu mempertahankan manajemen dan budaya lokal Guam meskipun kami telah dimiliki oleh investor asing selama sepuluh tahun. Saya yakin bahwa GTA akan memperoleh banyak manfaat dari pengalaman, kemampuan teknis dan kehandalan karyawan Telkom yang sudah sangat dikenal,” ujar Robert. [jin]

Inilah.com – Headline