INILAHCOM. Panthakot — Penduduk Desa Malwal, Distrik Panthakot, negara bagian Punjab, India, dikejutkan kehadiran seekor merpati putih yang diduga 'agen rahasia' Pakistan.

Hindustan Times melaporkan merpati bertengger di sebuah rumah. Ramesh Chand, penduduk Desa Manwal dan penyuka burung, menangkapnya.

Chand terkejut ketika menemukan kalimat dalam Bahasa Urdu di sayap pesawat, cap Pakistan, dan benda berkabel halus. Ia memperlihatkannya kepada penduduk. Dalam sekejap terjadi kegemparan akan adanya merparti mata-mata dari Pakistan.

Bersama sejumlah penduduk, Chand mendatangi kantor polisi seraya membawa merparti itu.

Rakesh Kaushal, pengawas senior dan polisi Panthakot, mengatakan; "Kalimat dalam Bahas Urdu ini menimbulkan kecurigaan."

Ia melanjutkan; "Kami tidak bisa percaya dengan negara tetangga yang bermusuhan. Kamiharus memverifikasi, dengan membawanya ke Badan Intelejen untuk diperiksa sinarX."

Namun, tidak ada keterangan hasil pemeriksaan sinar X.

Kini, poliklinik di Gurdaspur sedang memeriksa nomor dan alamat yang terterda di bulu merpati. Burung itu itu masih akan mendekam di kandang polisi, sampai penyelidikan selesai.

Bukan kali pertama India menemukan merpati yang dicurigai mata-mata dari Pakistan. Maret lalu, misalnya, merpati dengan chip di kaki — dan diterbangkan dari Pakistan – ditemukan di Gujarat.

Sayap merpati itu juga banyak prasasti Bahasa Urdu, dan kali pertama terlihat 20 Maret sekitar lima mil laut dari dermaga Salaya Essar. Salah satu penjaga keamanan dermaga menemukan merpati dengan chip dan benjing ganda tertulis di atasnya.

Pada satu kaki, terdapat angka 28733. Ada cincin pada satu kaki yang lain. Satu kata yang terbaca adalah Rasul-ul-Allah, sebuah kata dalam Bahasa Arab.

Inilah.com – Headline