INILAHCOM, Singapore – Biro Penyidik Tindak Korupsi (CPIB) menangkap seorang berkewarganegaraan Singapura serta beberapa orang lainnya dari berbagai negara yang diduga bakal melakukan tindak pengaturan skor di SEA Games 2015.

CPIB bekerjasama dengan otoritas berwenang Singapura melakukan operasi penangkapan sejak Kamis petang (28/5/20115) hingga Jumat pagi (29/5/2015) waktu setempat. Dalam keterangan kepada media, CPIB juga melakukan penyelidikan kepada beberapa anggota tim sepak bola Timor Leste yang dijadwalkan akan bertanding melawan timnas Malaysia.

Seperti dikutip dari Channel NewsAsia, proses investigasi masih berlangsung untuk mengetahui dugaan keterlibatan mereka dalam skema pengaturan skor di cabang sepak bola SEA Games 2015 Singapura. Mereka dihadapkan pada undang-undang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

Lebih lanjut CPIB menyatakan operasi penangkapan tersebut dilakukan setelah menerima informasi dari pemerintah dan intelejen yang secara proaktif memonitor adanya skema pengaturan skor di cabor sepak bola SEA Games ke-28.

Meski muncul dugaan adanya pengaturan skor, Federasi Olahraga Asia Tenggara (SEAGF) dan SEA Games Organizing Committe Singapore (SINGSOC) menegaskan bahwa pertandingan Timor Leste dan Malaysia akan tetap berlangsung seperti yang dijadwalkan di laga pembuka, Sabtu (30/5/2015) waktu setempat.

"Kami telah bertemu dengan pejabat Komite Nasional Olimpiade Timor Leste (NOC) untuk memberikan kesempatan kepada timnas mereka melanjutkan partisipasi," demikian pernyataan SINGSOC.

"Kami akan bekerjasan dengan otoritas Singapura untuk mengungkap niat tersebut," lanjutnya.

Kasus penangkapan ini hanya berselang dua hari setelah Biro Penyidik Federal Amerika Serikat (FBI) menangkap enam pejabat tinggi FIFA termasuk Jeffrey Webb atas dakwaan pencucian uang, korupsi serta penggelapan pajak.

Inilah.com – Headline