INILAHCOM, Manado – Telkomsel selaku provider terbesar di Indonesia akan mempercepat layanan 4G di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Awal tahun 2015 layanan 4G LTE Telkomsel hanya sebatas percobaan di Kota Manado, bulan depan atau Juli nanti, diperkirakan layanan tersebut akan dipatenkan di daerah Nyiur Melambai ini," kata General Manager Telkomsel Sales Regional Sulawesi Hendro Tri Cahyono di Manado, Minggu (31/5/2015).

Hendro mengatakan dalam rangka HUT ke-20 Telkomsel, pihaknya akan menambah layanan terlebih khusus menghadikan jaringan 4G.

"Manado mudah-mudahan (layanan 4G) secepatnya, kita tinggal menunggu Manado atau Makasar yang duluan ataupun bersamaan. Ya, diperkiraan Juli mendatang sudah 'running'," katanya.

Sedikit terlambatnya layanan 4G hadir di Kota Manado karena prosesnya bertahap.

"Memang tidak mudah karena frekuensinya (4G) masih sementara diperbaharui, sehingga perlu diatur lagi agar bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Saat ini, katanya, perbaikan jaringan 4G Telkomsel difokuskan di Wilayah Indonesia Timur.

"Perbaikan sementara dilakukan, yaitu di Makassar dan Maluku Utara, kalau Papua sudah berhasil 100 persen," jelasnya.

Selain jaringan 4G, katanya, Telkomsel juga memiliki target di tahun ini adalah memperbaiki broadband, terlebih khusus memperluas jaringan 3G.

"Kami akan membangun 150 BTS untuk jaringan 3G dengan kecepatan lima hingga 10 mpbs," katanya.

Branch Manager Telkomsel Manado Royke Sumual menambahkan jaringan Telkomsel setiap tahunnya mengalami perkembangan yang pesat, karena pihaknya selalu memperbaiki jaringannya.

"Memang diakui masih ada gangguan, penyebabnya karena fiber optik yang kita punya di darat, banyak yang terputus karena terkena excavator," jelasnya.

Tapi, Telkomsel terus berusaha memperbaikinya dan memback up, dan yakin kedepannya broadband akan lancar dan jauh dari gangguan. [tar]

Inilah.com – Headline