INILAHCOM, Banjarmasin – Menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini, operator seluler XL Axiata (XL) kembali menggelar uji kesiapan jaringan dan layanan. Bertajuk NetRally 2015, pengujian jaringan yang menyertakan awak media dan blogger kali ini dilakukan serentak di lima wilayah operasional XL, pada 28-29 Mei 2015.

Kelima wilayah operasional terbesut adalah Jabodetabek (Jakarta-Merak), Sumatera Barat (Padang-Bukittinggi), Jawa Tengah (Semarang dan sekitarnya), Jawa Timur (Surabaya-Madura-Malang), dan Kalimantan Selatan (Banjarmasin-Banjar Baru-Martapura).

Uji kesiapan jaringan dan layanan yang dilakukan XL ini bertujuan untuk memastikan terjaganya kenyamanan pelanggan, sekaligus mengantisipasi potensi lonjakan trafik pelanggan selama bulan Ramadhan dan libur Lebaran dalam menggunakan layanan seluler baik percakapan, SMS atau data internet.

INILAHCOM mengikuti uji kesiapan jaringan dan layanan XL kali ini di wilayah Kalimantan Selatan. Menggunakan moda transportasi bis, perjalanan dimulai dari Kota Banjarmasin menuju Banjar Baru dan Martapura, kemudian kembali lagi ke Banjarmasin.

Hasilnya adalah 92% jalur telah ter-cover oleh jaringan 3G, 90% kekuatan sinyal baik, dan 95% kualitas sinyal baik.

Aktivitas uji jaringan dan layanan yang dilakukan oleh XL ini menggunakan perangkat TEMS yang sudah mendapat sertifikasi internasional, untuk mengukur kualitas dan kekuatan sinyal.

Vice President Region North XL Axiata, Francky Rinaldo Pakpahan, memastikan bahwa jaringan XL di Kalimantan Selatan dan berbagai wilayah yang berada di bawah Region North lainnya telah siap melayani pelanggan selama Ramadhan dan Lebaran.

"Kami menyadari aktivitas penggunaan telepon seluler di bulan Ramadan dan Lebaran meningkat. Maka itu, kegiatan rutin itu kembali kami agendakan untuk melihat kesiapan jaringan XL. Sebab pada Ramadan, kebutuhan baik percakapan, SMS, hingga data internet dipastikan akan meningkat drastis," ujar Francky di Banjarmasin, Kamis (28/5/2015).

Sementara itu, dalam video conference yang dilakukan di sela-sela aktifitas NetRally 2015, CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan bahwa kenaikan trafik tidak hanya terjadi di Jawa saja, namun juga di berbagai wilayah lainnya.

"Karena itu kami melakukan uji jaringan ini secara serentak di lima wilayah operasional XL, sekaligus untuk memastikan bahwa jaringan kami hingga ke pelosok daerah pun sudah siap sepenuhnya menyambut Ramadhan dan Lebaran.

Di mana di kedua momen penting umat Islam tersebut, para pelanggan akan lebih banyak menggunakan layanan selularnya, baik panggilan, SMS, maupun data internet untuk bersilaturahmi," ujarnya.

Saat ini, XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 470 juta menit per hari. Sedangkan untuk trafik SMS adalah 525 juta pesan per hari, dan trafik data internet sebesar 500TB per hari.

Selama Ramadhan dan Lebaran nanti diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik sekitar 5-10% untuk layanan panggilan telepon, 10-15% pada SMS, dan 20-30% di data internet dibandingkan hari biasa.

Kenaikan trafik terbesar akan terjadi pada layanan data mengingat terjadi perubahan perilaku pelanggan yang semakin aktif menggunakan berbagai aplikasi sosial media, tak hanya di kota besar namun juga di berbagai wilayah hingga pelosok daerah lainnya.

XL pun mengaku saat ini telah melakukan penambahan kapasitas, optimasi jaringan, melakukan uji jaringan, dan penyediaan fasilitas mobile BTS (MBTS) di 25 titik, baik di jalur mudik, terminal, maupun pusat-pusat keramaian.

"Kami juga telah siap untuk siaga 24 jam sehari selama momen suci ini berlangsung," pungkas Dian.

Inilah.com – Headline