Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia ( BEI) pada Kamis dibuka naik 27,23 poin atau 0,64 persen menjadi 4.301,41.

Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 8,16 poin (1,10 persen) ke level 719,29.

“Semoga 2014 menjadi tahun kesuksesan kestabilan bagi kita semua,” kata Wakil Presiden Boediono dalam pidato pembukaan perdagangan saham awal tahun BEI.

Wakil Presiden mengatakan, tahun 2014 Indonesia akan fokus pada empat faktor yakni likuiditas global, harga minyak dunia, bahan makanan, dan politik dalam negeri.

Ia mengatakan, pembangunan sejumlah proyek infrastruktur pelabuhan udara, jalan tol, jalan arteri, jalur kereta api, dan pelabuhan laut yang sudah selesai dan mulai beroperasi pada 2014 akan memberikan dampak positif bagi perekonomian dalam negeri.

“Hal itu dapat lebih mendorong kegiatan ekonomi nasional. Dengan sektor riil bergerak, sektor keuangan yang stabil maka Bursa Efek Indonesia dapat mencapai prestasi untuk tahun selanjutnya,” katanya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad juga yakin dengan landasan perkembangan industri keuangan Indonesia baik pasar modal, perbankan, maupun industri keuangan non-bank yang sehat perekonomian Indonesia akan jauh lebih baik tahun ini.

“Industri keuangan lebih sehat dan kuat di masa mendatang. Selama tahun lalu banyak inisiatif untuk memperkuat pasar modal kita serta penguatan fundamental emiten untuk menyosong untuk tahun ini,” katanya. |Ant|

Editor: Maryati