Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saya mau bertanya, Pak. Saya sangat ingin membuka bisnis penjualan buku online, tetapi terus terang saya tidak mempunyai modal. Saya mencari-cari informasi menjadi reseller tetapi tidak ada. Bagaimana cara saya bisa mendapatkan buku-buku tersebut dengan harga penerbit? Apakah saya harus membeli banyak terlebih dahulu? Mohon bantuannya. Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr. wb. |Rakmita H.|

Jawaban:

Wa’alaikumsalam wr. wb.

Untuk Mbak Rakmita, sesuai dengan apa yang disampaikan, maka dalam mencari kerjasama dengan penerbit memang harus dibuat dalam proporsi yang seimbang dalam kapasitas negosiasi. Tentu bila berhadapan dengan penerbit besar mungkin akan sulit menggunakan mekanisme konsinyasi, namun begitu banyak penerbit baru yang muncul dengan varian buku yang menarik.

Celah di mana penerbit baru perlu mempromosikan produknyadapat dimanfaatkan dengan baik, dalam mendorong pola kerjasama yang lebih fleksibel. Namun demikian, yang tetap dipegang teguh adalahmenjaga kepercayaan baik dari suplier maupun customer.

Sudah tidak terbilang Situs Belanja Online yang tidak berkomitmen dalam delivery dan penyelesaian akhir. Untuk itu, harus disiapkan pola distribusi dan service yang dapat memuaskan pelanggan. Dalam hal ini, yang umumnya menjadi kesadaran pelanggan adalah Speed & Simplicity (Cepat & Mudah). Jadi, fitur dalam situs online Anda nantinya harus mengakomodir hal tersebut.

Selain itu, harapan pelanggan dalam berbelanja online adalah hemat waktu serta tenaga, termasuk harga yang kompetitif. Untuk hal itu, maka segera buat pola layanan yang mengutamakan nilai tambah seperti tambahan gimmick, atau penjualan dengan menggunakan sistem paket, bahkan pembelian bagi kumpulan seperti klub membaca dll.

Agar menarik orang berkunjung ke situs, Anda bisa promosi melalui adwords dll, ataupula dengan sesekali mengadakan partisipasi online dalam kuis bahkan berbentuk lomba essay juga menarik. Kembali kepada persoalan kebutuhan mendapatkan Suplier buku, tentu hal itu juga berkaitan dengan spare modal yang dipersiapkan, stok buku dalam jumlah tertentu perlu dipersiapkan.

Nah, saran saya hubungi pihak penerbit tidak ada salahnya penerbit besar juga dikonfirmasi, toh mereka saat ini rasanya juga sudah mulai menggarap sektor e-commerce. Bisa jadi, terdapat kemungkinan untuk menjadi refferal online book shop dari penerbit secara langsung. Ingat prinsip dalam berwirausaha, jangan pernah menyerah dan jangan mengeluh serta kuatkan mental dan laksanakan apa yang telah dirumuskan sesuai dengan strategi bisnis Anda.

Demikian yang dapat disampaikan Mbak Rakmita, semoga segera membuka Online Book Shop-nya, ya. Salam Entrepreneur. (EK)


Ery Kasman, SE, MSi
Direktur Entrepreneur Institute Cinere