INILAHCOM, Jakarta – Indonesia adalah negara besar. Untuk itu perlu sistem dan alat pertahanan negara yang kuat pula, agar bisa mengangkat martabat Indonesia sebagai bangsa.

Hal tersebut dikemukakan mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla melalui media officer, Husain Abdullah, saat dihubungi INILAHCOM, Senin (24/2/2014).

“Indonesia negara luas, besar, maka membutuhkan pertahanan yang besar. Itu mutlak harus dimiliki,” tandas JK.

Menurut ketua Dewan Masjid Indonesia ini, Indonesia negara kepulauan. Maka, kekuatan pertahanan laut, udara, dan darat harus kuat dan seimbang. Dalam pandangan JK, kekuatan pertahanan RI dapat dicapai dengan mempertimbangkan tiga komponen.

“Penduduk kita yang besar, wilayah yang luas, dan kekuatan keuangan/ekonomi. Itu modal besar kita,” paparnya.

JK mengaku memiliki resep untuk meningkatkan pertahanan negara. Yaitu, harus mengombinasikan ketiga komponen tersebut. Ia juga menyinggung alutsista (alat utama sistem pertahanan) Indonesia. Indonesia butuh alutsista yang kuat dan canggih.

“Kita akan disegani dan dihormati negara lain jika kuat. Karena itu, semua komponen seharusnya dikerahkan untuk itu,” ujarnya.

Diplomasi rakyat juga penting. Diplomasi yang berkualitas, tambah JK, ikut menentukan mutu persahabatan dengan negara tetangga, sekaligus pertahanan semesta. [yeh]