JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melantik Wali Kota Jakarta Utara Heru Budi Hartono di bantaran Waduk Cincin Utara, Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, Senin (13/1).

Hujan rintik-rintik yang turun di kawasan itu tidak menyurutkan semangat Jokowi, wali kota baru, serta para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang hadir dalam acara pelantikan tersebut.

Meskipun tanpa tenda dan kursi-kursi berjajar, para tamu yang datang tetap mengikuti prosesi upacara pelantikan itu dengan khidmat sambil berdiri dan memegangi payung.

“Pelantikan ini sengaja dilakukan di area Taman BMW karena sudah 11 tahun lokasi ini bermasalah. Jadi, ini menjadi tugas Wali Kota Jakarta Utara yang baru untuk menyelesaikannya,” kata Jokowi dalam upacara pelantikan Wali Kota Jakarta Utara di Waduk Cincin, Jakarta Utara.

Menurut dia, masalah lain yang harus diselesaikan, yakni Waduk Pluit, terutama terkait rencana relokasi terhadap sejumlah warga yang masih bertahan disana.

“Dari 7.000 Kepala Keluarga (KK) yang ada disana, baru 1.800 yang berhasil direlokasi. Oleh sebab itu, wali kota yang baru harus melakukan pendekatan yang baik kepada warga agar bersedia direlokasi,” ujar Jokowi.

Bukan hanya itu, dia menuturkan masih ada permasalahan terkait rencana pembangunan rumah-rumah susun (rusun) di kawasan Marunda, sehingga membutuhkan banyak lahan.

“Jadi, secara umum, ada tiga hal utama yang harus dijadikan perhatian utama oleh Wali kota Jakarta Utara yang baru. Semua permasalahan itu harus diselesaikan secepatnya,” tutur Jokowi.

Dia mengungkapkan, selain tiga permasalahan tersebut, masih ada satu persoalan yang tidak kalah penting untuk diselesaikan, yaitu terkait penyelesaian sertifikat Taman BMW.

“Permasalahan Taman BMW itu sudah 11 tahun tidak kunjung selesai. Makanya, saya perintahkan agar urusan sertifikat segera dirampungkan. Saya ingin sertifikat itu bisa selesai bulan ini juga,” ungkap Jokowi.

Dia menambahkan jika seluruh persoalan itu berhasil diselesaikan, maka target pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Jakarta Utara dapat tercapai.

Heru Budi Hartono menggantikan wali kota Jakarta Utara sebelumnya Bambang Sugiyono yang kini diangkat menjadi Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI Jakarta. Sebelumnya, Heru menjabat sebagai Kepala Biro Kerjasama Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta.

Redaktur : Fernan Rahadi
Sumber : Antara