Berbisnis sendiri adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk membangun karir. Bahkan, membangun bisnis sendiri kini menjadi impian banyak orang. Ada banyak orang yang memiliki berbagai ide untuk membangun sebuah usaha. Dan ketika memulai usahanya, setidaknya entrepreneur telah menguraikan tujuan dan sasaran usahanya dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Membuat usaha sendiri memiliki banyak keuntungan yang tidak dapat ditemukan ketika Anda menjadi karyawan. Memulai usaha sendiri memang memerlukan modal yang cukup besar serta memiliki risiko kegagalan yang tinggi daripada sekedar menjadi pegawai. Namun hal tersebut akan terbayar lunas dengan beberapa keuntungan, antara lain:

1. Mencetak lapangan kerja sendiri

Dengan membangun usaha secara mandiri, artinya Anda telah menciptakan lapangan kerja bagi Anda sendiri. Lebih dari itu, ketika usaha Anda sudah mulai berkembang, Anda telah menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja. Itu menjadi salah satu hal mulia mengingat tingkat pengangguran semakin tinggi. Menjadi pegawai di suatu perusahaan berarti mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap perusahaan serta bersifat terikat. Sebaliknya, jika Anda memiliki usaha sendiri Anda leluasa untuk mengontrol perusahaan dan lebih bebas menentukan kinerja perusahaan.

2. Kepuasan menjadi pemilik

Dengan menciptakan usaha sendiri, itu berarti Anda secara otomatis memiliki tanggung jawab penuh dalam perkembangan perusahaan. Itu juga berarti secara otomatis Anda menjadi ‘bos’ bagi perusahaan Anda sendiri. Kepuasan menjadi pemilik atau bos itulah yang menjadi hal yang tidak akan pernah Anda temukan ketika menjadi pegawai. Faktor inilah yang mendorong sebagian orang untuk mendirikan usaha sendiri.

3. Mengatur arus keuangan sendiri

Keuangan yang berjalan di perusahaan dapat Anda atur sedemikain rupa. Ini tergantung dengan kemampuan Anda dalam mengontrol dan mengaturnya. Semakin baik kemampuan manajemen Anda maka semakin baik pula kontrol terhadap perusahaan Anda. Seni mengelola uang dalam perusahaan dapat Anda pelajari dan kembangkan. Keuntungan dan potensi kerugian perusahaan juga dapat Anda dipantau. Dan Anda bisa segera menentukan langkah untuk mengantisipasi potensi kerugian tersebut. Langkah kecil ini juga akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari Anda.

4. Kebebasan berkreasi

Anda dapat menentukan sendiri arah dan jalannya perusahaan. Anda juga bebas menentukan dan mengimplementasikan sendiri ide-ide gila yang menurut Anda bisa diterapkan. Keluwesan dalam menentukan arah tujuan perusahaan ini juga menjadi salah satu hal yang tidak dapat Anda temukan ketika menjadi pegawai. Anda bebas mengatur jam kerja sesuai keinginan, fleksibel mengambil cuti, serta bebas menentukan dan mengeksekusi strategi perusahaan. Laju perusahaan akan sangat tergantung pada kreatifitas Anda. Tak perlu khawatir, hal tersebut dapat segera teratasi apabila Anda mau belajar dari orang lain.

5. Gairah hidup

Anda dapat menemukan gairah hidup ketika Anda mendirikan sebuah usaha. Secara tidak langsung, usaha yang akan Anda bangun biasanya berkaitan dengan hal-hal yang Anda sukai. Jika Anda tidak puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan saat ini, Anda bisa memikirikan untuk membangun bisnis sesuai dengan gairah hidup. Hal ini sangat penting dalam hidup karena sangat berhubugan dengan kebahagiaan hidup. Banyak orang yang bekerja hanya untuk mencari uang bukannnya mencari kebahagiaan. Mereka seperti robot pencetak uang yang tidak dapat menikmati hidupnya.

6. Memulai bekerja dari rumah

Memiliki bisnis sendiri berarti bekerja di ‘rumah’ Anda sendiri. Untuk memulai usaha, Anda bisa mulai dari bisnis kecil-kecilan di rumah sendiri. Kontrol perusahaan dapat Anda awasi dengan leluasa tanpa meninggalkan rumah. Jika membangun bisnis di luar rumah, Anda juga bisa leluasa menempati tempat bekerja Anda sendiri. Perasaan memiliki perusahaan juga semakin kuat ketika tempat usaha Anda menjadi rumah kedua yang tak kalah nyaman dengan rumah Anda.

Diluar hal-hal diatas, masih banyak lagi keuntungan yang akan bisa didapat saat Anda mulai memutuskan untuk menjalankan bisnis baru. Hal yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengumpulkan niat Anda agar kelak mejadi wirausahawan mandiri yang sukses. Selamat berbisnis! |studentpreneur.co|