Jakarta – Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mengunjungi, para perajin tahu pada Jumat (20/9/2013). Kunjungan ini untuk melihat langsung kegiatan perajin tahu.

Gita mengunjungi beberapa perajin tahu di pabrik tahu Jl. Srikaya RT 07/06, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur. Di dalam pabrik, Gita menyaksikan perajin tahu dalam mengolah kedelai menjadi tahu. Dari empat pabrik tahu yang dikunjungi pada satu lokasi, ada pabrik yang menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. “Kalau pabrik tahu di sini memang tidak besar, kalau waktu kunjungan ke Kalideres itu pabrik yang besar,” ujar Gita, Jumat (20/9/2013).

Gita mengakui sejak harga kedelai naik, membuat perajin tahu menjerit. Kenaikan harga kedelai sempat membuat perajin tahu dan tempe mogok. Untuk itu Gita berkomitmen harga kedelai bisa di kisaran Rp8.350 per kg dari Rp9.200.

Pada kesempatan ini pula, Gita melakukan dialog dengan perajin tahu. Para perajin tahu mencurahkan keluhan tingginya harga kedelai. Keluhan datangnya dari salah satu perajin tahu Beni Hasyim perajin tahu yang menginginkan harga kedelai stabil. “Kita mohon Pak, stabilkan harga kedelai tanpa merusak tatanan petani,” tutur Beni. [mel]