Sekolah Pasar Modal Syariah Darmajaya, Saham Itu Bukan Judi! 1
Sekolah Pasar Modal Syariah di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Kota Bandar Lampung, Senin (30/10/2017). Foto: Rls

Kupastuntas.co, Bandar Lampung – Saham itu bukan judi. Dibuktikan dengan diterbitkannya fatwa Nomor: 80/DSN-MUI/III/2011 oleh DSN-MUI mengenai Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek Indonesia.

Hal itu disampaikan Eksekutif Trainer Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung, Fahmi Al Kahfi, SEI saat menjadi pemateri Sekolah Pasar Modal Syariah di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Senin (30/10/2017).

Fahmi menjelaskan, saham adalah bukti kepemilikan suatu perseroan (perusahaan) yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perseroan.

“Saham yang sudah dibeli dapat ditransaksikan pada hari yang sama berdasarkan prinsip Qabd Hukmi, dan mekanisme perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia menggunakan akad Bai’ Al Musawwamah/akad jual beli biasa. Yaitu dimana terjadi transaksi jual beli antara dua pihak dan penjual tidak memiliki kewajiban menjelaskan harga pokok dan keuntungan yang diperoleh,” ujar Fahmi.

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa program studi Akuntansi Darmajaya ini juga menghadirkan Head of Regional Bussines Development Phintraco Securitas, Andre Mahardika sebagai pembicara.

Ia mengungkapkan, untuk saham syariah terdapat index selektif yang disebut JII30. JII30adalah Jakarta Islamic Index yang dihitung dari 30 saham.

“JII30 merupakan 30 saham yang dilihat dari likuiditasnya yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Serta emiten tidak menjalankan usaha perjudian, keuangan konvensional, makanan/minuman non halal, barang/jasa yang merusak moral (bersifat mudharat),” paparnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset, Dr. RZ. Abdul Aziz didampingi Ketua Program Studi Akuntansi, Anik Irawati mengapresiasi BEI KP Lampung yang terus berupaya meningkatkan pengetahuan investasi di kalangan mahasiswa.

Menurutnya, sekolah pasar modal syariah menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali ilmu sebanyak mungkin. BEI KP Lampung dan Phintraco Securitas juga memberikan simulasi gratis bagi mahasiswa untuk berlatih bermain saham.

“Rajin menabung dan berinvestasi membuat masa depan lebih baik. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dalam membentuk mahasiswa menjadi calon-calon investor sukses yang mampu menggapai masa depan cemerlang,” harapnya. (RD-01/S)



Source link