[ad_1]


 


Jakarta, HanTer-  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Australia tidak punya urusan dengan isu Hak Asasi Manusia (HAM) terutama yang terjadi di Papua.


 


Pernyataan tersebut disampaikan JK di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat, terkait komentar-komentar pemerintah Australia yang seringkali menyinggung persoalan HAM di Papua.


 


“Itu biasa, sejak dulu Australia selalu begitu, tapi yang lebih penting datanya, dan itu tidak ada urusannya dengan Australia, yang penting kita menjelaskan,” kata Wapres.


 


Menurut JK, terkadang pengertian HAM sering berselisih dengan pelaksanaan penegakan hukum, karena itu penjelasan yang baik dibutuhkan untuk menghapus pendapat-pendapat yang keliru.


 


“Kalau Anda diserang dan ditangkap, bikin konflik itu adalah pelanggaran HAM,” kata dia.


 


Terkait penjelasan kepada pihak Australia, pada 8 Juni lalu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan telah melakukan kunjungan kerja ke Negeri Kanguru dan masalah HAM Papua menjadi salah satu topik yang dibahas.


 


Pertemuan itu diselenggarakan di Sydney untuk pertemuan tingkat menteri kedua antara Australia dan Indonesia di bidang Hukum dan Keamanan.


 


Turut serta dalam pertemuan itu adalah Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Pol Tito Karnavian dan Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie.


 

(zamzam/ant)

[ad_2]

Source link